Jumat, 14 Oktober 2011

Cara Melakukan Offset dalam autoCAD





Ketika kita mengunakan Auto CAD, kita mengenal istilah offset yang artinya instruksi untuk menciptakan sebuah objek gambar yang sejajar dan menyerupai objek yang telah ditentukan dengan jarak yang telah kita sesuaikan. 


Offset Adalah Sebuah perintah dalam Autocad ( toolbar ) yang berfungsi untuk menduplikat suatu objek gambar atau Garis menjadi sebuah objek baru.


  • Through
Yaitu Sebuah Metode Pengoffsetan dengan cara memindahkan atau melemparkan objek lama kea rah vertical,Horizontal,maupun diagonal sesuai keinginan kita.


Caranya : klik ikon Offset  pada toolbar / ketik offset  pada kolom perintah→ enter → pilih through atau ketik T → Enter → tentukan jarak offset → Pilih Objek Yang akan di Offset → tentukan arah peng offsetan → enter/OK



  • ·         Erase  
Yaitu Sebuah Metode Pengoffsetan dengan cara memindahkan atau melemparkan objek lama kea rah vertical,Horizontal,maupun diagonal sesuai keinginan kita,tetapi kemudian menghilangkan Objek Awal.


Caranya : klik ikon Offset  pada toolbar / ketik offset  pada kolom perintah→ enter → pilih Erase atau ketik E → Enter → ketik Yes ( Y ) → enter → tentukan jarak offset → Pilih Objek Yang akan di Offset → tentukan arah peng offsetan → enter/OK.


  • ·         Layer
Yaitu Sebuah Metode Pengoffsetan dengan cara memindahkan atau melemparkan objek lama kea rah vertical,Horizontal,maupun diagonal sesuai keinginan kita,yang nantinya akan menjadi layer baru atau tetap di layer yang sama dengan objek awal.

Caranya : klik ikon Offset  pada toolbar / ketik offset  pada kolom perintah→ enter → pilih Layer atau ketik L → Enter → ketik C untuk Current / S untuk Source → enter → tentukan jarak offset → Pilih Objek Yang akan di Offset → tentukan arah peng offsetan → enter/OK.


Setelah mempelajari ini kita lanjut gan soal array,jadi pantengin terus episode selanjutnya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar