Minggu, 21 Agustus 2011

Cara Membuat Arc dalam autocad

How To Draw a Arc in Autocad


Arc
Arc dalam autocad sama dengan sbuah garis yang membentuk setengah lingkaran, yang sering menggunakan lambang ( r ).Arc juga sering disebut garis busur.
Cara mengaktifkan perintah arc dalam Autocad :
Klik ikon arc di toolbar draw atau ketik Arc pada command line.
Banyak sekali jenis dan ragam cara dalam pembuatan sebuah Arc,dari yang mudah sampai yang rumit.


Beberapa Cara dan contohnya membuat sebuah Arc dalam gambar 2D adalah sbb:

o   Membuat Arc dengan Metode 3 Point
Klik ikon arc di toolbar draw atau ketik Arc pada command line → Enter  tentukan Start Point klik dititik tengah ( second Point ) klik dititik Akhir ( End Point ).


o   Membuat Arc dengan Menentukan Center Point
    Klik ikon arc di toolbar draw atau ketik Arc pada command line Enter ketik Center tentukan titik center tentukan titik Start tentukan titik akhir.



o   Membuat Arc dengan Menentukan Center Point dan Angle.
 Klik ikon arc di toolbar draw atau ketik Arc pada command line → Enter → ketik Center → tentukan titik center → tentukan titik Start → geser cursor ketitik akhir ( End point ) → ketik A ( angle ) → masukan nilai angle ( sudut ) → enter.



o   Membuat Arc dengan Menentukan Center Point dan Chord Length.
 Klik ikon arc di toolbar draw atau ketik Arc pada command line → Enter → ketik Center → tentukan titik center → tentukan titik Start → ketik L ( Chorrd Lenght ) → masukan nilai panjang  enter.



Ini hanya sebagian dari jenis – jenis pembuatan Arc ( garis busur ) dalam proses penggambaran di Autocad,jangan terpaku hanya dengan salah satu cara,lebih baik mencoba dengan cara dan kreasi sendiri.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar