Selasa, 16 Agustus 2011

Autocad Plot

Mempersiapkangambar AutoCAD untuk dicetak sering merupakan proses yang memusingkan bagipemula. Dan seringkali bagi pengguna senior juga. Saya akan coba membahas carayang biasa saya ajarkan pada training untuk memudahkan proses pencetakan. Padacara ini saya menggunakan layout untuk representasi gambarnya.
Untukanotasi sendiri terserah pada anda, apakah akan menggunakannya pada layout,atau menggunakannya pada model dengan annotation scale.
Sekarangsaya asumsikan bahwa gambar yang akan dicetak sudah ada. Jika belum, silahkandicari contoh gambar yang sudah ada untuk melakukan langkah-langkah berikut.

Atur Unit Kerja
Aturanno. 1 adalah bekerja dengan unit yang sesuai. Jika anda bekerja dengan unit mm,anda harus mengatur UNITS menjadi mm. Jika anda membuat file baru, gunakantemplate dengan standard ISO.
Perludiingat bahwa AutoCAD hanya menyediakan skala cetak untuk mm dan inch. Jadisaat ini, gunakan mm untuk menggambar objek dengan ukuran sesungguhnya. Jikamenggambar garis 5m, buatlah garis sepanjang 5000mm.
Kelakmungkin anda ingin menggunakan unit m atau bahkan km. Tapi itu cerita lain.Cara ini akan menggunakan semua default AutoCAD.
Atur Ukuran Kertas pada Layout
Selanjutnyaadalah mengatur ukuran layout.Klik kanan pada TAB Layout1 (atau nama layoutlain yang ingin diubah ukurannya). Pilih page setup manager dari contextmenu.
Klikmodify pada dialog yang terbuka kemudian.
  1. Pilihlah jenis printer dan ukuran kertas yang diinginkan.
  2. Pada bagian what to plot, pilih layout.
  3. Pastikan skala cetak 1:1.
  4. (Optional) Atur plot style table yang akan digunakan.
KlikOK.
Tambahkan Border/Title Block
Jikaanda sudah punya border untuk dicetak, dapat insert sebagai block di sini.Sekali lagi, gunakan ukuran dengan skala 1:1. Jadi kalau ukuran kertasnya A1(841×594 mm), gunakan border dengan ukuran itu dikurangi margin. Misalnya821x554mm (silahkan mengacu pada standar perusahaan masing-masing).
Posisikanagar terletak pada area yang akan dicetak. Area yang akan dicetak ditunjukkanpada layout dengan garis putus-putus.

Buat dan atur Skala viewport
Langkahterakhir adalah membuat viewport dan skalanya. Buatlah viewport denganmenggunakan MV. Lalu atur skalanya
CetakGambar
Padadasarnya saat mencetak, tidak ada lagi yang harus anda atur. Periksalah padaplot preview untuk memastikan semua sudah sesuai, lalu klik OK.

Ini hanya sekilas info..setelah membaca ini kita kembali lagi ke bab Menggunakan Drawing Tool ( polyline )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar